9 Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Artikel

Beranda / Artikel / Detail

9 Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kamis, 25 Juli 2024 08:02 WIB

Telur asin adalah telur yang diawetkan menggunakan garam, biasanya menggunakan telur bebek dibandingkan telur ayam. Telur bebek lebih sering digunakan karena kualitas cangkangnya yang baik dalam menyerap garam, membuatnya lebih awet dan tahan lama.

Selain itu, telur bebek memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi, terutama protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral, yang meningkatkan manfaat kesehatannya. Telur bebek juga lebih gurih, lembut, dan ukurannya lebih besar dibandingkan telur ayam.


Kandungan Nutrisi pada Telur Asin

Telur asin dari telur bebek kaya akan nutrisi. Dalam 100 gram telur asin terdapat 182 kalori dan nutrisi seperti:

  • 13 gram protein

  • 13 gram lemak

  • 2 gram karbohidrat

  • 1982 miligram sodium

  • 109 miligram kalsium

  • 345 miligram kolesterol

  • 1364 IU vitamin A

Telur asin juga mengandung vitamin B2, B12, D, E, beta karoten, folat, kolin, selenium, zat besi, dan fosfor. Kuning telur bebek yang lebih pekat menunjukkan kandungan vitamin A dan asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam.


Manfaat Telur Asin

Berikut dilansir dari laman Alodokter adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi telur asin bagi kesehatan yang jarang diketahui:


1. Menjaga Kesehatan Mata

Telur asin mengandung vitamin A yang memenuhi kebutuhan harian orang dewasa. Vitamin A dan beta karoten dalam telur asin penting untuk kesehatan retina dan kelembapan kornea mata.


2. Mencegah Risiko Degenerasi Makula

Vitamin A dan beta karoten dalam telur asin dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia dan mencegah penyakit katarak.


3. Menjaga Kesehatan Otak

Kolin dalam kuning telur asin mendukung kesehatan sel otak dan sistem saraf. Asam lemak omega-3, vitamin B6, B12, dan antioksidan juga melindungi sel-sel otak dan meningkatkan fungsinya.


4. Mendukung Perkembangan Janin

Nutrisi dalam telur asin penting untuk perkembangan otak dan penglihatan janin. Kolin, protein, folat, dan vitamin selama kehamilan mendukung pertumbuhan janin dan mencegah cacat tabung saraf.


5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Protein, vitamin D, dan mineral dalam telur asin mendukung pertumbuhan tulang dan otot. Konsumsi telur asin juga dapat meningkatkan massa otot.


6. Mencegah Defisiensi Vitamin D

Telur asin membantu mencukupi kebutuhan vitamin D harian, yang penting untuk kesehatan tulang dan otot.


7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Protein dan asam amino esensial dalam putih telur asin penting untuk kesehatan tubuh dan melindungi dari infeksi. Sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur dalam protein putih telur mendukung sistem kekebalan tubuh.


8. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Antioksidan, lemak sehat, dan mineral dalam telur asin mendukung kesehatan jantung dan peredaran darah. Konsumsi telur asin secukupnya, maksimal 3 butir per minggu, direkomendasikan.


9. Mencegah Penyakit Kanker

Antioksidan dalam telur asin dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut.


Tips Konsumsi Telur Asin

Telur asin aman dikonsumsi asalkan tidak berlebihan. Terlalu banyak konsumsi telur asin dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Pastikan membeli telur bebek dari penjual terpercaya untuk memastikan kebersihannya.

Untuk mengontrol asupan garam, kombinasikan dengan makanan rendah garam, kurangi bumbu tinggi garam, dan hindari camilan tinggi garam.


Dengan manfaat yang beragam, telur asin bisa menjadi bagian dari menu sehari-hari. Namun, bagi mereka dengan riwayat penyakit jantung atau kolesterol tinggi, konsultasi dengan dokter dianjurkan untuk menentukan asupan yang aman.

Jika alergi terhadap telur, hindari konsumsi telur asin untuk mencegah reaksi alergi berat.

 

 

Ilustrasi Telur Asin (Foto: iStock/Nattakorn Maneerat)

Tetap terhubung dan dapat berkomunikasi dengan saya melalui sosial media
pilihan anda berikut ini

Dibuat dan dimaintenance oleh CV. myPangandaran © 2020