15 Saran Menu Lauk Pelengkap Nasi Liwet Sunda yang Nikmat dan Beragam

Artikel

Beranda / Artikel / Detail

15 Saran Menu Lauk Pelengkap Nasi Liwet Sunda yang Nikmat dan Beragam

Rabu, 01 November 2023 14:58 WIB

Saran menu pelengkap nasi liwet Sunda telah lama menjadi daya tarik tak terbantahkan dalam dunia kuliner.

Kekhasan hidangan ini terletak pada perpaduan antara nasi beraroma khusus dengan beragam pilihan menu pelengkap yang lezat, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk mengenyangkan perut.

 

Biasanya, nasi liwet Sunda terbuat dari beras yang telah diolah dengan sentuhan bumbu khas, seperti garam, bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, lengkuas, dan cabai pedas. Semua bumbu Nusantara ini diracik bersama minyak kelapa dan ikan asin sesuai dengan preferensi rasa.

Bumbu-bumbu ini dicampurkan dengan nasi matang untuk memberikan cita rasa khas yang menggugah selera.

Untuk melengkapi hidangan ini, masyarakat Sunda biasanya menambahkan beragam menu pelengkap nasi liwet yang tidak hanya lezat, tetapi juga mudah disiapkan.


Jika kamu bingung memilih menu pelengkap nasi liwet yang cocok, berikut dilansir dari laman Parboaboa adalah daftar lengkapnya:

1. Sambal Petai
Sambal petai adalah pilihan yang sempurna untuk melengkapi nasi liwet. Rasanya yang khas dan pedas cocok disajikan dengan cumi asin, ikan asin, atau ikan goreng.

2. Tempe dan Tahu Goreng
Tempe dan tahu goreng adalah teman yang umumnya dihidangkan bersama nasi liwet. Merebus tempe dan tahu dengan campuran bawang putih, ketumbar, dan garam kemudian menggorengnya hingga garing adalah cara sederhana membuatnya.

3. Teri Kacang Balado
Teri kacang balado adalah pilihan lauk kering yang pedas, cocok untuk disajikan bersama nasi liwet. Teri kacang balado dapat menjadi pelengkap yang sempurna dengan hidangan ikan atau tempe goreng.

4. Gurame atau Nila Goreng
Gurame atau nila goreng adalah pilihan lauk kering yang bisa dipadukan dengan nasi liwet. Persiapannya cukup sederhana, dengan menggoreng ikan setelah melumurinya dengan bumbu rempah seperti kunyit, merica, dan garam.

5. Tumis Oncom Leunca
Tumis oncom leunca adalah masakan favorit yang cocok sebagai lauk pendamping nasi liwet Sunda. Dengan tambahan cabai, bawang, daun salam, dan kemangi, tumis oncom leunca akan menjadi pelengkap yang gurih.

6. Ikan Asin Jambal Roti
Ikan asin jambal roti adalah pilihan yang pas untuk nasi liwet. Iris-iris ikan ini ditumis bersama cabai hijau dan disajikan dengan nasi liwet.

7. Ikan Pindang
Ikan pindang adalah lauk sempurna yang cocok untuk disajikan bersama nasi liwet. Ikan ini dapat digoreng terpisah dan dihidangkan sebagai pelengkap.

8. Cumi Asin
Cumi asin adalah alternatif jika stok ikan asin habis. Tumis cumi asin dengan cabai hijau dan sajikan bersama menu pelengkap nasi liwet lainnya.

9. Tempe Bacem
Tempe bacem adalah lauk sederhana yang sering dinikmati banyak orang. Tempe yang digoreng dan dibumbui dengan kencur, cabai, ketumbar, dan gula merah cocok sebagai pelengkap nasi liwet.

10. Cah Kangkung
Cah kangkung adalah pilihan sayuran untuk nasi liwet. Tumis kangkung setengah matang untuk meningkatkan cita rasa nasi liwet.

11. Ayam Goreng Rempah
Ayam goreng rempah adalah lauk yang tak boleh dilewatkan saat menikmati nasi liwet Sunda. Daging ayam yang dimasak bersama kelapa akan menambahkan kelezatan hidangan.

12. Perkedel Kentang
Perkedel kentang sangat cocok dijadikan pelengkap lauk nasi liwet Sunda. Kentang yang digoreng atau direbus kemudian dicampur dengan daging cincang, daun bawang, daun seledri, dan bumbu sesuai selera, lalu digoreng.

13. Sambal Bawang Iris Petai
Sambal bawang iris petai adalah lauk yang lezat dan mudah dibuat. Bawang, cabe, dan tomat dicincang dan ditumis hingga harum.

14. Bakwan Jagung
Bakwan jagung yang crispy adalah camilan yang sempurna untuk nasi liwet. Jagung manis, tepung terigu, telur, buncis dicampur dan digoreng hingga renyah.

15. Sayur Asem
Sayur asem adalah hidangan segar yang cocok untuk menyempurnakan nasi liwet. Rasa asam segar dan beragam sayuran melengkapi cita rasa nasi liwet.

 

Itulah 15 rekomendasi menu pelengkap nasi liwet Sunda yang pasti akan memikat selera dan memperkaya pengalaman kuliner Indonesia. Nikmatilah berbagai pilihan lauk nusantara ini yang selalu menggugah selera. Jangan lupa mencoba semuanya!

 

(Foto/Gambar: Ilustrasi lauk pendamping nasi liwet/MielPhotos2008 - iStockphoto)

Tetap terhubung dan dapat berkomunikasi dengan saya melalui sosial media
pilihan anda berikut ini

Dibuat dan dimaintenance oleh CV. myPangandaran © 2020