Menu Acara Syukuran Sederhana: Lengkap dan Hemat!

Artikel

Beranda / Artikel / Detail

Menu Acara Syukuran Sederhana: Lengkap dan Hemat!

Kamis, 27 Juni 2024 15:10 WIB

Bingung menentukan menu untuk acara syukuran sederhana? Berikut beberapa inspirasi menu yang bisa kamu coba untuk acara syukuran yang hemat namun memuaskan tamu!


Menu Acara Syukuran Sederhana

Acara makan-makan adalah bagian penting dari kegiatan syukuran. Sebagai tuan rumah, tentu kamu ingin menyajikan yang terbaik. Namun, seringkali biaya, waktu memasak, dan kerumitan jadi kekhawatiran.

Untuk itu, berikut beberapa rekomendasi menu acara syukuran sederhana yang hemat, mudah, dan lezat dilansir dari laman hicookofficial.com!


1. Tumpeng Nasi Kuning

Tumpeng nasi kuning adalah menu wajib di setiap acara syukuran. Selain lezat, tumpeng memiliki makna simbolik sebagai bentuk ungkapan syukur.


2. Bihun Goreng dan Mie Goreng Khas Jawa

Bihun atau mie goreng adalah pilihan menu makanan berat yang selalu disukai, terutama oleh anak-anak. Tambahkan irisan bakso, telur, dan kol untuk rasa yang lebih nikmat. Gunakan panci anti lengket seperti Hi-Cook Wok Pan WP-32 untuk memasak porsi besar.


3. Nasi Liwet khas Sunda

Selain nasi kuning, nasi liwet khas Sunda dengan aroma rempah yang wangi bisa jadi pilihan. Sajikan bersama ikan teri untuk rasa yang lebih gurih.


4. Ayam Goreng

Olahan ayam seperti ayam goreng ungkep adalah menu yang tidak pernah absen di acara syukuran. Variasikan dengan ayam tepung saus tiram atau ayam serundeng. Untuk versi lebih sehat, gunakan Air Fryer AF-32 Hi-Cook.


5. Ikan Bawal Bumbu Kuning

Ikan bawal bumbu kuning dengan rasa rempah yang kaya cocok disajikan dengan nasi hangat. Alternatif lain bisa berupa ikan kakap asam manis atau ikan kuah pedas.


6. Sate Daging Sapi atau Sate Kebab

Sajikan daging sapi dengan budget hemat menggunakan sate sapi atau sate kebab dengan kombinasi sayuran, sebagai alternatif dari rendang atau kalio.


7. Ceker Kuah Pedas

Ceker kuah pedas adalah lauk sederhana yang pasti laris. Masakan pedas ini adalah favorit banyak orang Indonesia.


8. Telur Balado

Telur balado pedas, baik ceplok maupun bulat, adalah masakan sederhana yang nikmat dan pasti disukai.


9. Orek Tempe

Orek tempe saus asam manis bisa jadi lauk tambahan yang melengkapi hidangan. Menu ini juga sering digunakan dalam nasi kotak untuk berbagai acara.


10. Kentang Mustofa

Kentang kering mustofa yang garing dan gurih adalah pilihan menu yang mudah dimasak dan murah.


11. Capcay atau Tumis Sayur

Jangan lupakan sayuran untuk menu yang sehat. Capcay atau tumis sayur seperti kangkung plecing pedas bisa jadi pilihan. Untuk anak-anak, sediakan tumisan sayur sederhana yang tidak pedas.


Semoga bermanfaat!

 

(Foto/Gambar: Ilustrasi Telur Balado/Dok. Poetra RH/Getty Images/iStockphoto)

Tetap terhubung dan dapat berkomunikasi dengan saya melalui sosial media
pilihan anda berikut ini

Dibuat dan dimaintenance oleh CV. myPangandaran © 2020