4 Alasan Mengapa Makanan Mudah Basi atau Busuk

Artikel

Beranda / Artikel / Detail

4 Alasan Mengapa Makanan Mudah Basi atau Busuk

Senin, 13 Mei 2024 07:12 WIB

Meskipun Anda telah menjalankan prosedur pengolahan dan penyimpanan makanan dengan benar, sering kali makanan bisa menjadi cepat basi daripada yang Anda perkirakan. Terdapat beberapa kondisi yang tidak disadari bisa menjadi penyebab utama kebasi-basian makanan.


Penyebab Makanan Cepat Basi

Umumnya, makanan menjadi basi karena pertumbuhan mikroba pembusuk seperti ragi, jamur, atau bakteri. Mikroba ini berkembang biak pada makanan dan memproduksi zat tertentu yang mengubah warna, tekstur, dan aroma makanan.

Tiap jenis makanan memiliki daya tahan yang berbeda. Ada makanan yang dapat bertahan selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan, seperti keripik dan makanan kaleng. Namun, ada juga makanan yang dapat menjadi basi dalam waktu kurang dari 24 jam, seperti santan.

Terdapat sejumlah faktor tertentu yang dapat mempercepat proses kebasi-basian ini. Penyebab utama makanan cepat basi biasanya terletak pada cara penyimpanan yang tidak tepat, kondisi suhu udara yang lembap, dan paparan cahaya yang berlebihan.


Berikut adalah penjelasan lebih rinci sebagaimana dilansir dari laman hellosehat.

1. Penyimpanan yang Tidak Tepat

Perhatikan lagi cara Anda menyimpan makanan. Makanan sering kali menjadi cepat basi karena cara penyimpanan yang kurang tepat. Ini juga termasuk pemilihan dan penggunaan wadah penyimpanan yang tidak sesuai.

Jika lingkungan di sekitar Anda cenderung hangat dan lembap, hindari menyimpan makanan di tempat terbuka. Bahkan jika Anda menggunakan penutup saat menyimpan sisa makanan, langkah ini tidak selalu cukup untuk mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri pembusuk.

Lebih baik menyimpan makanan dalam wadah yang rapat. Pisahkan wadah untuk menyimpan makanan berbasis daging dengan makanan lain yang berbasis sayuran. Jika ada makanan yang terlanjur basi, segera pisahkan dan buang.


2. Suhu Kulkas yang Tidak Cukup Dingin

Banyak orang tidak menyadari bahwa suhu kulkas yang tidak cukup dingin dapat menjadi penyebab makanan cepat basi di rumah. Idealnya, kulkas harus diatur pada suhu minimum 4 derajat Celsius. Pada suhu ini, bakteri dan jamur tidak dapat berkembang.

Jika makanan yang Anda simpan di kulkas cepat basi, coba gunakan termometer untuk memeriksa suhu di dalam kulkas Anda. Jika memungkinkan, segera perbaiki masalah suhu di dalam kulkas sebelum makanan yang lain menjadi tercemar.

Dalam kasus tertentu, makanan bisa cepat basi karena bahan-bahannya disimpan dalam freezer yang tidak cukup dingin. Berikut adalah petunjuk penyimpanan makanan di freezer yang benar:

  • Buang sebanyak mungkin udara dari wadah atau kemasan makanan.

  • Pastikan suhu diatur pada atau di bawah 0 derajat Celsius.

  • Jika listrik padam, pastikan pintu kulkas dan freezer tetap tertutup.

  • Gunakan termometer eksternal untuk memantau suhu dalam kulkas agar tetap stabil.


3. Menyimpan Makanan dalam Keadaan Panas

Apakah makanan Anda cepat basi meskipun disimpan dalam wadah yang rapat? Perhatikan kapan Anda menyimpan makanan tersebut. Menyimpan atau membungkus makanan dalam keadaan panas dapat menjadi penyebab makanan cepat basi.

Saat Anda menyimpan makanan yang masih panas, uap dari makanan akan naik ke atas dan membentuk embun pada tutup wadah. Embun kemudian akan menetes kembali pada permukaan makanan dan membuatnya menjadi lembap.

Jamur dan bakteri pembusuk menyukai lingkungan yang lembap dan hangat. Mereka akan berkembang subur pada permukaan makanan yang lembap, sehingga membuat makanan lebih cepat basi dari biasanya. Oleh karena itu, hindari menutup wadah saat makanan masih panas.


4. Paparan Cahaya yang Berlebihan

Ternyata, sinar matahari atau lampu juga bisa menjadi penyebab makanan cepat basi. Proses penurunan kualitas makanan atau minuman akibat paparan cahaya yang berlebihan dikenal sebagai fotodegradasi.

Fotodegradasi umumnya terjadi pada makanan yang mengandung zat tertentu yang sensitif terhadap cahaya, seperti lemak, pigmen, protein, dan vitamin. Proses ini dapat menyebabkan hilangnya vitamin atau perubahan warna dan rasa makanan.

Inilah alasan mengapa banyak produk makanan menyertakan peringatan "hindari sinar matahari langsung" pada kemasannya. Sekalipun tidak membuat makanan menjadi basi, paparan sinar matahari atau lampu mungkin bisa merusak kualitasnya.


Ada beberapa faktor yang tidak disadari bisa menyebabkan makanan cepat basi. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat mencari solusi yang tepat untuk menjaga makanan agar tetap segar lebih lama.

 

(Foto/Gambar: Ilustrasi buah-buahan yang sudah basi atau busuk/Dok. Betka82/iStock)

Tetap terhubung dan dapat berkomunikasi dengan saya melalui sosial media
pilihan anda berikut ini

Dibuat dan dimaintenance oleh CV. myPangandaran © 2020