Pindang Gunung, Makanan Khas Pangandaran

Artikel

Beranda / Artikel / Detail

Pindang Gunung, Makanan Khas Pangandaran

Sabtu, 10 Oktober 2020 06:13 WIB

Tidak lengkap rasanya bila kita berlibur ke suatu tempat tidak mencicipi masakan khas daerah yang kita kunjungi.Pindang Gunung adalah makanan khas Pangandaran,sejenis Sop Ikan yang mempunyai bumbu yang khas.Biasanya ikan kakap/ ikan mangmung/ kakap merah/ tongkol dan carwang dengan resep tradisional.Pindang Gunung menggunakan kepala ikan. Campuran bumbunya adalah jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, daun kedondong muda, honje dan kencur. Rasanya ada campuran antara asam, pedas dan gurih.Jika Anda berkunjung ke Pangandaran Anda bisa menikmatinya di Rumah makan sekitar Pangandaran
Jika anda kebetulan sedang berwisata ke Pangandaran, pindang gunung dengan mudah anda dapatkan di rumah makan seafood di Pangandaran. Pindang gunung memiliki tampilan bening ke kuning-kuningan, biasanya disajikan pada saat kondisi panas untuk menjaga rasanya. Ikan yang dipakai untuk membuat pindang gunung juga tidak kaku harus ikan apa, terkadang ada yang menggunakan ikan laut seperti bawal, kakap, layur bahkan ikan murah sejenis pepetek. Terkadang ada pula yang menggunakan ikan air tawar seperti gurame atau ikan gabus.
Rasa kecut dan pedas adalah rasa khas dari Pindang gunung, rasa kecut biasanya terasa dari kecutnya honje, sejenis remah yang memang banyak di Pangandaran, sedangkan rasa pedas biasanya dari cabe rawit yang tidak dicacah tetapi masih dalam bentuk butiran. Pernah mencoba?

Tetap terhubung dan dapat berkomunikasi dengan saya melalui sosial media
pilihan anda berikut ini

Dibuat dan dimaintenance oleh CV. myPangandaran © 2020