6 Jenis Kemasan Makanan yang Ramah Lingkungan! Mari, Berikan Cinta pada Bumi!

Artikel

Beranda / Artikel / Detail

6 Jenis Kemasan Makanan yang Ramah Lingkungan! Mari, Berikan Cinta pada Bumi!

Kamis, 07 Maret 2024 22:46 WIB

Bagi para pelaku bisnis kuliner, peranan kemasan sangatlah vital. Selain harus memiliki desain yang unik dan menarik, kemasan yang berkualitas juga harus diperhatikan, termasuk bahan yang digunakan untuk membuatnya. Memilih kemasan makanan yang ramah lingkungan adalah tindakan cerdas yang menunjukkan kesadaran terhadap alam.

 

Hingga saat ini, masih banyak pelaku usaha kuliner yang menggunakan kemasan plastik sebagai opsi pengemasan untuk produk mereka. Namun, plastik dari kemasan makanan dan minuman masih mendominasi sampah di seluruh dunia. Bahkan, plastik membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk terurai sepenuhnya.

Bergantung pada material plastik untuk mengemas makanan hanya akan memperparah polusi. Untuk menciptakan perubahan, penting bagi kita untuk memilih opsi pengemasan yang lebih ramah lingkungan.

 

3 Keuntungan Utama dari Penggunaan Kemasan yang Ramah Lingkungan

Kemasan ramah lingkungan umumnya merujuk pada penggunaan bahan dan desain kemasan yang memiliki dampak minimal terhadap lingkungan. Ini mencakup pendekatan yang berfokus pada keberlanjutan dan pengurangan jejak karbon. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan kemasan makanan yang bersahabat dengan lingkungan. Apa saja?

1. Mengurangi Limbah

Kemasan ramah lingkungan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai dapat mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai yang menjadi masalah limbah plastik yang berkelanjutan.

 

2. Keberlanjutan Sumber Daya

Bahan kemasan ramah lingkungan dibuat dari sumber daya yang dapat diperbarui. Dengan proses daur ulang, ini akan membantu mendukung keberlanjutan sumber daya alam.

 

3. Meningkatkan Kesadaran Lingkungan

Penggunaan kemasan ramah lingkungan dapat meningkatkan kesadaran konsumen tentang isu-isu lingkungan. Selain mempromosikan masyarakat yang lebih peduli terhadap dampak lingkungan dari produk yang mereka beli, ini juga dapat membentuk citra positif bagi bisnis Anda. Dengan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, merek Anda akan dikenal sebagai bisnis yang peduli pada lingkungan.

 

6 Contoh Kemasan Makanan yang Ramah Lingkungan

Apakah Anda sedang mencari ide kemasan yang ramah lingkungan untuk produk makanan Anda? Berikut adalah beberapa rekomendasi dilansir dari laman Paperlicious:

1. Kemasan Kaca
Kemasan kaca adalah opsi pertama yang ramah lingkungan yang dapat Anda gunakan. Selain dapat digunakan kembali, kemasan kaca tahan lama, mudah dibersihkan, dan cocok untuk berbagai jenis makanan dan minuman.

2. Kontainer Kraft
Kraft adalah jenis kertas cokelat yang kuat dan sering digunakan untuk kemasan. Bahan ini aman untuk mengemas makanan dan dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk dan desain.

3. Kemasan Berbasis Tanaman
Kemasan berbasis tanaman memanfaatkan bahan organik dan sumber nabati terbarukan. Beberapa contoh kemasan ini termasuk PLA, tepung singkong, dan pulp kayu.

4. Kemasan Kompos dan Biodegradable
Kemasan ini dapat menjadi kompos dan terurai secara alami. Contohnya adalah kemasan yang terbuat dari serat tebu.

5. Kemasan Logam
Bahan seperti aluminium dan stainless steel juga ramah lingkungan dan dapat didaur ulang dengan mudah.

6. Kemasan Karton Daur Ulang
Karton daur ulang merupakan opsi yang ramah lingkungan, terutama untuk pengemasan produk makanan yang akan didistribusikan.

 

Menggunakan kemasan makanan yang ramah lingkungan menjadi pilihan banyak perusahaan besar hari ini. Jika Anda ingin berkontribusi pada upaya ini, Anda bisa mulai memilih berbagai jenis kemasan yang mudah didaur ulang.

 

 

(Foto/Gambar: Ilustrasi kemasan makanan dan minuman ramah lingkungan/Dok. igoriss/iStockphoto)

Tetap terhubung dan dapat berkomunikasi dengan saya melalui sosial media
pilihan anda berikut ini

Dibuat dan dimaintenance oleh CV. myPangandaran © 2020