8 Jenis Lalapan yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Artikel

Beranda / Artikel / Detail

8 Jenis Lalapan yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Kamis, 22 Februari 2024 06:35 WIB

Lalapan, yang sering menjadi pelengkap makanan di Indonesia, ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Konsumsi sayur atau buah sebagai lalapan dipercaya dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mengurangi keluhan yang berkaitan dengan radang sendi dan diabetes.

Selain bisa diolah menjadi sup atau smoothie, sayuran juga dapat dinikmati dalam keadaan mentah sebagai lalapan. Beragam jenis sayuran ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.


Berikut adalah beberapa jenis sayuran dan buah yang sering dijadikan lalapan beserta manfaat kesehatannya dilansir dari laman Alodokter:


1. Mentimun

Mentimun mengandung banyak air, membantu mencegah dehidrasi, serta kaya serat tetapi rendah kalori, sehingga bermanfaat untuk menjaga berat badan dan mencegah sembelit. Selain itu, mentimun juga mengandung antioksidan yang melindungi dari penyakit jantung dan kanker, serta menyediakan vitamin A, vitamin K, kalium, dan lignan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah osteoporosis.


2. Kemangi

Kemangi kaya akan antioksidan yang melawan diabetes, arthritis, dan kanker, serta membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah. Kandungan magnesiumnya juga membantu melancarkan aliran darah.


3. Kubis

Kubis mengandung serat yang melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan mengontrol kadar gula darah, serta vitamin C untuk penyerapan zat besi dan vitamin K untuk pembekuan darah.


4. Selada

Selada kaya akan vitamin K untuk tulang, vitamin A untuk mata, dan air untuk hidrasi tubuh.


5. Terong

Terong melindungi sel dari kerusakan, menjaga kesehatan tulang, dan melawan penyakit jantung dan kanker dengan fitonutrien seperti nasunin dan asam klorogenat.


6. Lenca

Lenca memiliki efek antitumor, antiradang, antibakteri, antivirus, dan imunomodulator berkat kandungan alkaloid steroid dan polisakarida di dalamnya, serta menyediakan vitamin C untuk pembuluh darah dan tulang rawan.


7. Poh pohan

Daun poh pohan mengandung flavonoid untuk tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah kanker.


8. Petai

Petai mengandung fitokimia antidiabetes, antioksidan, antihipertensi, dan antimikroba yang bermanfaat bagi kesehatan.


Meskipun menyediakan banyak manfaat, risiko keracunan makanan dari mengonsumsi lalapan mentah harus dihindari dengan mencuci lalapan dengan benar sebelum dikonsumsi.

Selain itu, gaya hidup sehat seperti pola makan seimbang, olahraga rutin, dan hindari alkohol dan merokok juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan.

Jika ragu, konsultasikan dengan dokter untuk memilih lalapan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

 

 

(Foto/Gambar: Ilustrasi lalapan salad sayuran mentah/Dok. MielPhotos2008/iStockphoto)

Tetap terhubung dan dapat berkomunikasi dengan saya melalui sosial media
pilihan anda berikut ini

Dibuat dan dimaintenance oleh CV. myPangandaran © 2020