7 Minuman Sehat yang Bermanfaat bagi Penderita Asam Lambung

Artikel

Beranda / Artikel / Detail

7 Minuman Sehat yang Bermanfaat bagi Penderita Asam Lambung

Kamis, 06 Juni 2024 22:14 WIB

Bagi mereka yang menderita asam lambung, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar gejala tidak kambuh. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengonsumsi minuman sehat.

Minuman sehat ini tidak hanya mencegah tetapi juga mengatasi asam lambung saat gejalanya muncul. Penting untuk memilih minuman yang tepat agar tidak memperburuk kondisi, yang dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.
 

Minuman Sehat untuk Pengidap Asam Lambung

Berikut adalah beberapa minuman sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung sebagaimana dilansir dari laman Halodoc:


1. Air Putih

Air putih adalah pilihan terbaik untuk mengatasi asam lambung. Namun, perlu diperhatikan kadar pH air sebelum diminum. Biasanya, pH air netral atau sekitar angka 7, sehingga dapat membantu menyeimbangkan pH makanan yang dikonsumsi.


2. Air Kelapa

Air kelapa tanpa tambahan gula sangat baik untuk penderita asam lambung. Kandungan elektrolit seperti kalium dalam air kelapa membantu menjaga keseimbangan pH tubuh, sehingga gejala asam lambung dapat dikendalikan.


3. Susu Nabati

Untuk mereka yang intoleran laktosa, susu nabati bisa menjadi alternatif yang baik. Susu almond, misalnya, memiliki kandungan basa yang dapat membantu menetralkan asam lambung. Susu kedelai juga merupakan pilihan yang baik.


4. Susu Rendah Lemak

Susu sapi rendah lemak dan susu skim dapat membantu mengatasi asam lambung, berbeda dengan susu sapi berlemak tinggi yang sulit dicerna dan dapat memperburuk gejala.


5. Teh Herbal

Teh herbal dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah asam lambung. Hindari teh spearmint atau peppermint, dan pilih teh yang bebas kafein seperti chamomile dan licorice.


6. Jus Buah

Jus buah dapat membantu mengatasi asam lambung, tetapi hindari buah dengan kandungan asam tinggi seperti jeruk dan apel. Buah yang aman untuk dikonsumsi meliputi pisang, pepaya, bit, semangka, dan pir.


7. Wedang Jahe

Jahe dapat menghambat asam dan menekan bakteri Helicobacter pylori yang memicu gejala asam lambung. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.


Itulah beberapa jenis minuman sehat yang dapat membantu mencegah dan mengatasi asam lambung saat gejalanya kambuh.



(Foto/Gambar: Ilustrasi air kelapa/Dok. jcomp/Freepik)

Tetap terhubung dan dapat berkomunikasi dengan saya melalui sosial media
pilihan anda berikut ini

Dibuat dan dimaintenance oleh CV. myPangandaran © 2020