Tujuh Manfaat dari Susu Kedelai bagi Kesehatan

Artikel

Beranda / Artikel / Detail

Tujuh Manfaat dari Susu Kedelai bagi Kesehatan

Jum'at, 31 Mei 2024 09:40 WIB

Susu kedelai memiliki beragam manfaat kesehatan, mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, dan aman bagi mereka yang sedang diet atau memiliki kondisi medis tertentu seperti alergi susu sapi dan intoleransi laktosa.

Susu kedelai dibuat dari kacang kedelai yang direndam, dihaluskan, direbus, dan disaring. Dibandingkan susu nabati lainnya, susu kedelai mengandung gizi yang paling mirip dengan susu sapi rendah lemak.


Kandungan Gizi Susu Kedelai

Susu kedelai sering dikonsumsi sebagai minuman sehat, dengan segelasnya mengandung sekitar 100 kalori serta berbagai nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, B, D, E, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, dan antioksidan seperti flavonoid dan isoflavon. Susu ini baik dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga ibu hamil dan menyusui.


Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya, sebagaimana dilansir dari laman Alodokter susu kedelai memberikan banyak manfaat kesehatan, di antaranya:

 

1. Susu Alternatif Pengganti Susu Sapi

Susu kedelai cocok bagi mereka yang tidak menyukai atau tidak bisa mengonsumsi susu sapi karena alergi atau intoleransi laktosa. Susu ini bebas laktosa dan gluten, sehingga aman bagi penderita alergi gluten atau penyakit celiac.


2. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Kandungan protein, vitamin, dan mineral dalam susu kedelai mendukung kinerja sel darah putih dan produksi antibodi, serta antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.


3. Mengurangi Gejala Menopause

Isoflavon dalam susu kedelai memiliki sifat fitoestrogen yang membantu menjaga keseimbangan hormon estrogen, meredakan gejala menopause seperti kelelahan dan hot flashes.


4. Menjaga Kesehatan Tulang

Susu kedelai kaya kalsium dan vitamin D yang memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis, terutama penting bagi orang tua.


5. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi, folat, dan vitamin B12 dalam susu kedelai penting untuk produksi sel darah merah, sehingga membantu mencegah anemia, terutama bagi vegetarian.


6. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu kedelai mengandung kalium, protein, antioksidan, dan omega-3 yang membantu menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan menjaga tekanan darah stabil, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.


7. Mengurangi Risiko Kanker

Isoflavon dalam susu kedelai dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara. Konsumsi susu kedelai dalam jumlah yang sesuai bisa mengurangi risiko kanker.


Susu kedelai aman dikonsumsi dalam jumlah yang cukup oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan penderita kanker payudara. Namun, pastikan tidak alergi terhadap kacang kedelai. Saat memilih susu kedelai kemasan, pilih yang organik dan tanpa pemanis tambahan, atau tambahkan vanila tanpa pemanis untuk rasa.

Jika masih ragu mengonsumsi susu kedelai karena kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan keamanannya.

 

(Foto/Gambar: Ilustrasi susu kedelai/Dok. jcomp/Freepik)

Tetap terhubung dan dapat berkomunikasi dengan saya melalui sosial media
pilihan anda berikut ini

Dibuat dan dimaintenance oleh CV. myPangandaran © 2020