Tujuh Manfaat Cincau Hijau yang Jarang Disadari dalam Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Artikel

Beranda / Artikel / Detail

Tujuh Manfaat Cincau Hijau yang Jarang Disadari dalam Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Rabu, 20 Maret 2024 20:39 WIB

Cincau hijau, yang berasal dari tumbuhan, biasanya digunakan sebagai bahan dalam pembuatan minuman atau makanan tertentu. Seringkali, cincau hijau ini ditambahkan ke dalam es cincau hijau atau bubur cincau.

Warna cincau hijau lebih terang dibandingkan dengan cincau hitam. Selain memberikan sentuhan rasa yang unik, cincau juga diketahui memiliki beberapa manfaat kesehatan karena kandungan serat dan antioksidannya.

Tetapi, apa saja manfaat cincau hijau yang sebenarnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan? Berikut ini ringkasan lengkapnya!


Manfaat Cincau Hijau

Manfaat kesehatan cincau hijau berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat melawan radikal bebas. Cincau hijau juga mengandung serat, protein, mineral, dan karbohidrat.


Berikut dilansir dari laman Halodoc, beberapa manfaat cincau hijau untuk kesehatan:


1. Membantu Pencernaan yang Baik

Cincau hijau mengandung flavonoid yang telah terbukti membantu meningkatkan kesehatan usus. Selain itu, kandungan ini juga efektif dalam mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan sakit maag.


2. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Studi menemukan bahwa cincau dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Namun, manfaat ini dapat dirasakan lebih baik jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.


3. Mencegah Penyakit Malaria

Cincau hijau mengandung senyawa alkaloid yang telah terbukti dapat mencegah gejala malaria. Hal ini dapat menjadi alternatif yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit menular ini.


4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan magnesium, fosfor, dan kalium dalam cincau hijau membantu dalam regenerasi tulang dan mencegah osteoporosis.


5. Memperlancar Pencernaan

Serat dan air dalam cincau hijau membantu dalam melembutkan tekstur feses dan meningkatkan pergerakan usus, sehingga membantu dalam pencernaan.


6. Mengurangi Risiko Diabetes

Kaya akan antioksidan, cincau hijau terbukti melindungi sel beta dalam pankreas yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin, sehingga membantu dalam mengontrol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.


7. Meredakan Demam dan Sakit Tenggorokan

Sifat menyejukkan cincau hijau membantu meredakan demam dan sakit tenggorokan. Kandungan serat, mineral, dan antioksidan di dalamnya juga memperkuat kekebalan tubuh dan mendukung pemulihan penyakit.


Cara Mengolah Cincau Hijau

Mengolah cincau hijau menjadi minuman yang sehat dan menyegarkan tidaklah sulit. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain daun cincau hijau, air matang, kelapa, kurma, daun pandan, dan garam himalayan.

Cara membuatnya yaitu dengan merendam daun cincau dalam air matang, lalu menyaringnya setelah airnya mengental. Sementara itu, merebus daun pandan dan air hingga mendidih, kemudian menambahkan susu kelapa, kurma, dan garam himalayan yang telah di-blender halus. 

Setelah itu, cincau hijau dapat dimasukkan ke dalam gelas dan dituangi dengan susu kurma. Penambahan es batu juga dapat dilakukan untuk kesegaran yang lebih maksimal.


Demikianlah manfaat cincau hijau yang jarang disadari dan cara mengolahnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!



(Foto/Gambar: Ilustrasi cincau hijau atau grass jelly/Dok. Getty Images/Tyas Indayanti)

Tetap terhubung dan dapat berkomunikasi dengan saya melalui sosial media
pilihan anda berikut ini

Dibuat dan dimaintenance oleh CV. myPangandaran © 2020